Krishna, - (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND TRUST DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GOJEK DI JAKARTA BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Pradita.
Krishna_2010111006.pdf
Download (14MB)
Abstract
Perkembangan transportasi online telah menjadi solusi inovatif dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di era digital. Gojek, sebagai pelopor layanan transportasi berbasis aplikasi di Indonesia, dihadapkan pada tantangan mempertahankan loyalitas pelanggannya di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Loyalitas pelanggan memegang peran penting dalam menunjang keberlanjutan bisnis, tetapi hasil penelitian sebelumnya menunjukkan adanya perbedaan temuan terkait pengaruh kualitas pelayanan, brand trust, dan customer experience terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan, brand trust, dan customer experience terhadap loyalitas pelanggan Gojek di Jakarta Barat, baik secara individu maupun bersamaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat survei. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh pelanggan Gojek yang berada di Jakarta Barat. Variabel yang dianalisis sebagai independen terdiri dari kualitas pelayanan, kepercayaan merek, dan pengalaman pelanggan, sedangkan loyalitas pelanggan berfungsi sebagai variabel dependen. Hasil dari studi ini diharapkan dapat memberikan masukan strategis kepada Gojek untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, khususnya dalam hal merekomendasikan merek kepada orang lain.Penelitian ini memberikan nilai tambah baik dari sisi teoretis dengan memperdalam pemahaman mengenai hubungan antar variabel, maupun dari sisi praktis dengan memberikan rekomendasi yang relevan bagi perusahaan transportasi online dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dan pelaku usaha di sektor jasa transportasi digital.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan, kepercayaan merek, pengalaman pelanggan, Gojek, transportasi berbasis aplikasi |
| Subjects: | -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Bisnis |
| Divisions: | Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Bisnis |
| Depositing User: | Pradita Librarian |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:54 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:54 |
| URI: | https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/611 |
