Search for collections on Pradita Repository

Bond Creative and Nature: Perancangan Ruang Belajar Kreatif Anak Pada Sekolah Dasar Ranca Iyuh

Aliefia, Syifa and Ratnasari, Anisza and Kusuma, Adriyan (2023) Bond Creative and Nature: Perancangan Ruang Belajar Kreatif Anak Pada Sekolah Dasar Ranca Iyuh. Rustic Jurnal Arsitektur.

[thumbnail of TA_Artikel_Syifa Aliefia.pdf] Text
TA_Artikel_Syifa Aliefia.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Sekolah adalah sarana pendidikan formal yang berperan dalam mendidik insan yang kompeten. Pada
Juli 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan Kurikulum 2013 di seluruh sekolah
dasar sebagai improvisasi dari kemajuan budaya dan teknologi internasional. Pembelajaran Kurikulum
2013 berbasis tematik terpadu ini dilaksanakan dengan pendekatan saintifik. Kurikulum 2013 mengajak
siswa aktif dalam bersosialisasi, memecahkan masalah, dan mengembangkan karakter anak melalui
mata pembelajaran yang diambil. Lingkungan mempengaruhi individu dan menjadi alat bantu belajar
mengajar, maka perlu memperhatikan kenyamanan ruang, tergantung dari tata letak ruangan dan
furnitur. Konsep creative space memuat ruang inovatif dan kreatif. Isu yang muncul adalah beberapa
kondisi sekolah dasar mengalami kurangnya fasilitas belajar seperti fasilitas perpustakaan dan lapangan
olahraga, salah satunya terjadi di Kabupaten Tangerang. Untuk mengatasi isu yang ada, perlu solusi dari
sistem tata ruang, merespon kebutuhan pengguna, fleksibel untuk pembelajaran kurikulum 2013.
Harapannya dengan adanya konsep creative space bisa berpengaruh pada lembaga pendidikan, memiliki
fungsi yang baik pada penyaluran pengetahuan dan pembelajaran.
Kata kunci: pendidikan anak, sekolah dasar, ruang kreatif, pembelajaran kreatif

Item Type: Article
Subjects: -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Sains dan Teknologi > Arsitektur
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Arsitektur
Depositing User: Pradita Librarian
Date Deposited: 28 Nov 2024 03:17
Last Modified: 28 Nov 2024 03:17
URI: https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item
View Item