Search for collections on Pradita Repository

SOCIAL MEDIA DAN MINAT BELI GEN Z (STUDI KASUS: 4C, CONTEXT, COMMUNICATION, COLLABORATION, DAN CONNECTION PADA INSTAGRAM STARBUCKS INDONESIA)

Sugianto, Natasya (2022) SOCIAL MEDIA DAN MINAT BELI GEN Z (STUDI KASUS: 4C, CONTEXT, COMMUNICATION, COLLABORATION, DAN CONNECTION PADA INSTAGRAM STARBUCKS INDONESIA). Undergraduate thesis, Pradita University.

[thumbnail of Natasya Sugianto - Social Media dan Minat Beli Gen Z.pdf] Text
Natasya Sugianto - Social Media dan Minat Beli Gen Z.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Starbucks merupakan perusahaan di industri retail café kopi yang melakukan social media marketing melalui instagram untuk memasarkan produk dan layanannya. Di Indonesia, instagram didominasi oleh pengguna yang merupakan generasi Z. 4C yang meliputi context, communication, collaboration, dan connection digunakan dalam membuat konten social media marketing untuk meningkatkan minat beli customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 4C dalam social media marketing terhadap minat beli secara parsial dan simultan. Penelitian ini berbasis kuantitatif menggunakan metode survei. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form. Data sekunder diperoleh dari penelitian sebelumnya, buku, hasil survei, serta informasi dari website resmi lembaga swasta atau pemerintah. Populasi penelitian diambil dari followers instagram @starbucksindonesia yang tergolong generasi Z dengan sampel 100 responden. Sampel dikumpulkan menggunakan teknik nonprobability dengan metode purposive sampling. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan context, communication, collaboration, dan connection berpengaruh positif terhadap minat beli secara simultan maupun parsial. Berdasarkan hasil penelitian, akan lebih baik jika peretail dari skala UMKM hingga internasional memaksimalkan seluruh variabel 4C dalam social media marketing agar dapat meningkatkan dan mempertahankan minat beli customer. Pesan, informasi, konsep, dan desain konten perlu dipersiapkan 1 bulan sebelumnya, sehingga jadwal konten yang siap untuk diposting bulan berikutnya sudah tersedia. Evaluasi juga harus rutin dilakukan untuk memeriksa apakah konten yang dibuat telah mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Retail
Divisions: Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Retail
Depositing User: Pradita Librarian
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:46
Last Modified: 24 Dec 2024 01:06
URI: https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item
View Item