Alvita, Meilisa (2021) Pengaruh atribut toko terhadap niat untuk menjadi pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan dan dimoderasi oleh gaya hidup dengan pengalaman di toko sebagai variabel kontrol pada perilaku pemilihan toko food and grocery (studi empiris pada top brand award retail minimarket). Masters thesis, Universitas Bunda Mulia.
TESIS_MEILISA ALVITA (81190008) - Upload portal.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Sektor bisnis Retail menjadi salah satu sektor yang terkena dampak dari virus Covid-19. Namun, tidak semua peritel mengalami keterpurukan akibat Covid-19, bisnis retail seperti minimarket mengalami pertumbuhan penjualan barang yang tumbuh lebih pesat selama masa pandemi ini, hal ini dikarenakan konsumen masih berfokus pada kebutuhan pokok dan alat kebersihan. Minimarket juga unggul dari sisi kenyamanan dan kemudahan akses. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel atribut toko, kepuasan terhadap niat untuk menjadi pelanggan yang dimoderasi oleh gaya hidup dan dimediasi oleh kepuasaan dengan pengalaman di toko sebagai variabel kontrol pada perilaku pemilihan toko food and grocery pada top brand award retail minimarket. Peneliti menggunakan skala Likert 5 poin dalam pengukuran variabel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online dengan teknik non probability dengan teknik judgment sampling, sedangkan subyek penelitian sebanyak 280 responden sebagai pembeli dari top brand award minimarket yang berada di Jakarta dan Tangerang. Untuk pengujian hipotesis antar variabel, data diolah menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini, atribut toko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menjadi pelanggan, atribut toko berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menjadi pelanggan, kepuasan terbukti sebagai mediasi, gaya hidup tidak terbukti memoderasi, dan pengalaman di toko berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menjadi pelanggan. Indikasi R² dari hasil olah data bahwa kemampuan variabel atribut toko, kepuasan, gaya hidup dan pengalaman toko dapat menjelaskan variabel niat untuk menjadi pelanggan (Y) sebesar 55,68% dan sebesar 44,32% dijelaskan oleh faktor lain di luar dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Bisnis |
Divisions: | Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Bisnis |
Depositing User: | Pradita Librarian |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:50 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:53 |
URI: | https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/256 |