Siregar, Master Edison (2023) Analisa dan implementasi perhitungan biaya beriklan pada media online. Jurnal inovasi informatika universitas pradita, 7 (2). ISSN 2686-1615
366-Article Text-1221-1-18-20230828.pdf - Published Version
Download (531kB)
Abstract
Beriklan di media online memiliki kelebihan dibandingkan beriklan di media
offline seperti papan reklame. Iklan pada papan reklame umumnya ditempatkan di lokasi
yang banyak lalu lalang manusia seperti persimpangan jalan, atau ditempat yang dapat
dilihat dengan mudah oleh manusia. Untuk menghitung berapa orang yang melihat iklan
tersebut dan berapa orang yang tertarik dengan produk yang diiklankan tidak dapat
dihitung secara akurat. Berbeda dengan beriklan di media online. Jumlah orang yang
melihat iklan dan jumlah orang yang tertarik dengan produk yang diiklankan akan dapat
dihitung dengan mudah. Pada penelitian ini, penulis akan membuat sebuah aplikasi yang
akan dapat menghitung jumlah pengunjung yang melihat sebuah ikalan dan jumlah
pengunjung yang tertarik pada satu iklan. Jumlah pengunjung yang melihat sebuah iklan
dihitung berdasarkan jumlah sebuah halaman website dikunjungi. Sedangkan jumlah
visitor yang tertarik pada produk yang diiklankan dihitung berdasarkan total klik yang
dilakukan pada iklan tersebut. Untuk mengitung total biaya yang akan digunakan beriklan
pada media online umumnya menggunakan dua komponen biaya yaitu Cost Per Click
(CPC) dan Cost Per Mille (CPM). CPC menjadi jumlah visitor yang tertarik pada iklan
sebuah produk dengan karena pengunjung tersebut melakukan aksi klik terhadap iklan
tersebut. Sedangkan CPM menjadi komponen biaya beriklan yang akan dibayarkan setiap
1000 views yang melihat iklan tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Sains dan Teknologi > Informatika |
Depositing User: | Pradita Librarian |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 05:51 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 05:41 |
URI: | https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/207 |