Search for collections on Pradita Repository

Niat menjadi pelanggan: sebuah studi empirik pada ritel food and groceries

Alvita, Meilisa and Widjaja, William and Rachman, Adryan (2022) Niat menjadi pelanggan: sebuah studi empirik pada ritel food and groceries. JURNAL BRITISH, 3. pp. 66-80. ISSN 2776-2157

[thumbnail of Jurnal nasional pradita (british).pdf] Text
Jurnal nasional pradita (british).pdf - Submitted Version

Download (199kB)

Abstract

Sektor bisnis Retail menjadi salah satu sektor yang terkena dampak dari virus Covid-19.
Namun, tidak semua peritel mengalami keterpurukan akibat Covid-19, bisnis retail
seperti minimarket mengalami pertumbuhan penjualan barang yang tumbuh lebih pesat
selama masa pandemi ini, hal ini dikarenakan konsumen masih berfokus pada kebutuhan
pokok dan alat kebersihan. Minimarket juga unggul dari sisi kenyamanan dan kemudahan
akses. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel atribut toko, kepuasan
terhadap niat untuk menjadi pelanggan yang dimoderasi oleh gaya hidup dan dimediasi
oleh kepuasaan dengan store experience sebagai variabel kontrol pada perilaku pemilihan
toko food and grocery pada top brand award retail minimarket. Peneliti menggunakan
skala Likert 5 poin dalam pengukuran variabel. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner online dengan teknik non probability dengan
teknik judgment sampling, sedangkan subyek penelitian sebanyak 280 responden sebagai
pembeli dari top brand award minimarket yang berada di Jakarta dan Tangerang. Untuk
pengujian hipotesis antar variabel, data diolah menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil
dari penelitian ini, atribut toko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menjadi
pelanggan, atribut toko berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh
signifikan terhadap niat untuk menjadi pelanggan, kepuasan terbukti sebagai mediasi,
gaya hidup tidak terbukti memoderasi, dan store experience berpengaruh signifikan
terhadap niat untuk menjadi pelanggan. Indikasi R² dari hasil olah data bahwa
kemampuan variabel atribut toko, kepuasan, gaya hidup dan store experience dalam
menjelaskan variabel niat untuk menjadi pelanggan (Y) sebesar 55,68% dan sebesar
44,32% dijelaskan oleh faktor lain di luar dari penelitian ini

Item Type: Article
Subjects: -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Retail
Divisions: Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Retail
Depositing User: Pradita Librarian
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:59
Last Modified: 27 Sep 2023 07:31
URI: https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item