Search for collections on Pradita Repository

Analisis penerapan strategi pemasaran (segmenting, targeting,& positioning) dalam meningkatkan penjualan di molasses coffe tangerang

Mario, -., (2023) Analisis penerapan strategi pemasaran (segmenting, targeting,& positioning) dalam meningkatkan penjualan di molasses coffe tangerang. Undergraduate thesis, Universitas Pradita.

[thumbnail of Mario (PW).pdf] Text
Mario (PW).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (704kB)

Abstract

Pada masa modern ini, industri usaha yang bergerak pada bidang food & beverages berupa café atau coffee shop sedang berkembang dengan sangat pesat. Hal ini didukung dengan data dari beberapa sumber seperti situs Toffin Indonesia. Dimana pada sumber tersebut menunjukkan angka perkembangan usaha café atau coffee shop yang cukup signifikan setiap tahunnya. Sehingga hal ini membuat meningkatnya persaingan yang ada di pasar. Dengan meningkatnya persaingan ini, maka strategi pemasaran menjadi suatu hal yang diperlukan. Didalam hal ini, penulis akan melakukan penelitian terhadap penerapan strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting & Positioning) pada salah satu usaha coffee shop yang ada di wilayah Tangerang Kota. Usaha coffee shop ini Bernama “Molasses coffee n co.”, atau biasa lebih sering dikenal sebagai coffee shop Molasses. Coffee shop Molasses merupakan coffee shop yang menawarkan berbagai menu hidangan berupa kudapan serta minuman kopi dan non-kopi. Coffee shop ini telah didirikan sejak bulan Oktober pada tahun 2021 dan berhasil menarik minat para konsumen dengan menu kopi andalannya, yakni kopi Molasses dan kopi Molasses sea salt. Namun, pada tahun 2023 ini coffee shop tersebut sedang sepi pengunjung, dan hal tersebut juga berdampak dengan pemasukan dari coffee shop tersebut yang mengalami penurunan dalam 3 bulan berturut-turut. Oleh karena itu, penulis ingin membantu dengan melakukan penelitian terhadap penerapan strategi pemasaran yang ada pada coffee shop tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa strategi pemasaran yang sudah diterapkan oleh coffee shop Molasses, untuk kemudian penulis lakukan analisa terhadap efektifitasnya didalam menarik pelanggan baru serta mempertahankan loyal customer. Yang nantinya akan dibuat kembali suatu evaluasi strategi yang dapat dilakukan oleh coffee shop Molasses untuk meningkatkan keefektifan strategi pemasarannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, dimana penulis akan melakukan wawancara kepada beberapa narasumber, yang nantinya hasil wawancara tersebut akan digunakan oleh penulis sebagai acuan dalam melakukan penelitian dan pembuatan kesimpulan dari penelitian ini. Dari dilakukannya penelitian ini ditemukan bahwa coffee shop Molasses sudah melakukan dan menerapkan beberapa strategi pemasaran yang ada, namun masih kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Pariwisata dan Seni Kuliner > Pariwisata
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Seni Kuliner > Pariwisata
Depositing User: Pradita Librarian
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:20
Last Modified: 24 Aug 2023 04:20
URI: https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item
View Item