Search for collections on Pradita Repository

Pengaruh advertasing media elektronik terhadapa keputusan pembelian layanan kamar hotel melalui traveloka (studi kasus mahasiswa wilayah gading serpong)

Wirahady, Vallery (2023) Pengaruh advertasing media elektronik terhadapa keputusan pembelian layanan kamar hotel melalui traveloka (studi kasus mahasiswa wilayah gading serpong). Undergraduate thesis, Universitas Pradita.

[thumbnail of Vallery Wirahady (PW).pdf] Text
Vallery Wirahady (PW).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Traveloka merupakan aplikasi yang banyak dimanfaatkan untuk melakukan reservasi perjalanan baik transportasi maupum akomodasi. Sejak tahun 2017-2022, Traveloka berhasil memenangkan Top Brand Awards kategori Situs Reservasi Hotel Online, akan tetapi pada tahun 2022 Traveloka berhasil dikalahkan oleh OTA lainnya. Pada wilayah Gading Serpong, masih banyak mahasiswa yang menggunakan Traveloka untuk melakukan reservasi hotel secara online. Keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen cenderung dipengaruhi oleh beberapa faktor bauran promosi khusunya pada periklanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi khusunya advertising Traveloka pada pengguna aplikasinya khususnya mahasiswa di Gading Serpong terhadap keputusan pembelian layanan kamar hotel melalui Traveloka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitaian ini adalag kuantitatif dengan jenis verifikatif dan deskripsi survey. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini akan dilakukan dengan purposive sampling dengan responden sebanyak 101. Berdasarkan hasil output SPSS ini hubungan antara kedua variabel memiliki nilai 0,817 yang artinya kedua variabel smemiliki hubungan yang kuat. Dan berdsarkan hasil uji koefisien determinasi R2 menunjukan bahwa bauran promosi khusunya pada periklanan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 66,8%. Prediksi analisi pada penelitian ini yaitu Y = 9,134 + 0,507X yang menunjukkan bahwa variabel independen (advertising) meningkat sebesar 1 satuan, maka akan meningkatkan variabel dipenden (keputusan pembelian) sebesar 0,507 yang artinya terjadi hubungan positif antara kedua variabel. Adapun hipotesis yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu sebesar adalah 14,104 > 1,984, dimana hasil nilai uji t yang dilakukan lebih besar dari nilai t tabel yang dapat disimpulkan bahwa H0 diketahui ditolak dan Ha diketahui diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Pariwisata dan Seni Kuliner > Pariwisata
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Seni Kuliner > Pariwisata
Depositing User: Pradita Librarian
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:56
Last Modified: 21 Aug 2023 09:56
URI: https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item
View Item