Search for collections on Pradita Repository

Pengaruh variasi produk, online costumer review, dan online costumer rating terhadap minat beli pada e-commerce tokopedia

Ariesandro, Gerry (2023) Pengaruh variasi produk, online costumer review, dan online costumer rating terhadap minat beli pada e-commerce tokopedia. Undergraduate thesis, Universitas Pradita.

[thumbnail of Gerry Ariesandro (MR).pdf] Text
Gerry Ariesandro (MR).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tokopedia mengalami penurunan jumlah unduhan E-commerce melalui android selama kuartal I 2021 Shopee dan Lazada menduduki peringkat teratas dengan Tokopedia menyusul setelahnya. Jika dilihat berdasarkan data jumlah download e-commerce minat konsumen untuk melakukan pembelian pada Tokopedia kurang. Pada posisi product selection tokopedia berada pada peringkat kedua dengan point 13,1% setelah Blibli dengan point 14,9% artinya pilihan produk yang tersedia pada Tokopedia tidak bervariasi. Pemberian Review berdasarkan data review Tokopedia pada play store masih ada yang merasa tidak puas. Hal ini dapat menimbulkan keraguan niat konsumen untuk membeli suatu produk pada Tokopedia. Terakhir Tokopedia menduduki peringkat pertama dengan rating 4.8 dibandingkan e-commerce lainnya tetapi masih ada yang memberikan rating satu pada Tokopedia menyatakan bahwa Tokopedia bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Variasi Produk (X1), Online Customer Review (X2) dan Online Customer Rating (X3) terhadap Minat Beli (Y) e-commerce Tokopedia. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan non-probability sampling dengan purposive sampling. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Model regresi dalam penelitian ini adalah Y = 2,930 + 0,386X1 + 0,651X2 + 0,339X3. Pengaruh Variasi Produk, Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli, diketahui dari koefisien determinasi (R2) sebesar 0,687 atau 68,7 persen dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli dengan Sig. (2-tailed) nilai 0,000 <0,05. Secara parsial variabel variasi produk berpengaruh pada volume penjualan, hal ini dapat dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,058 >0,05 dan nilai Beta 0,203. Variabel Online Customer Review secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Beli e-commerce Tokopedia yang ditunjukkan oleh nilai Beta 0,424 dan Sig. (2-tailed) nilai 0,003 <0,05. Lalu, variabel Online Customer Rating juga berpengaruh secara parsial dan signifkan terhadap Minat Beli yang ditunjukan oleh nilai Beta 0,309 dan Sig. (2-tailed) nilai 0,021 <0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: -|- SUBJEK PRADITA -|- > Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Retail
Divisions: Fakultas Manajemen dan Humaniora > Manajemen Retail
Depositing User: Pradita Librarian
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:55
Last Modified: 21 Aug 2023 09:55
URI: https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item
View Item